Laman

Tujuh Tingkat Perenungan

Tujuh Tingkat Perenungan (1)

Ke tujuh tingkat itu adalah perenungan terhadap: Perbuatan, Pikiran, Pengertian, Keraguan, Pemahaman, Kebenaran, dan Kebebasan.
 
Perenungan Terhadap Perbuatan:
 
Ibarat sebuah pohon, maka perenungan juga memerlukan suatu dasar atau akar yang kuat. Dasar dari suatu perenungan adalah Perbuatan Yang Benar dan Pikiran Yang Benar. Suatu perenungan akan sulit dilakukan apabila perbuatan dan pikiran tidak dipelihara dengan baik, tidak akan ada kemajuan dalam perenungan tersebut.

Yang paling mendasar terhadap suatu perenungan adalah menjaga perbuatan yang sesuai. Empat hal yang harus dijaga dari suatu perbuatan adalah:
  1. Jika sudah bertekat untuk melaksanakan suatu amalan atau janji perbuatan terhadap diri sendiri, maka itu harus dipenuhi dan ditaati. Setiap bentuk pengingkaran akan menunjukkan suatu ketidak sungguhan yang akan mempersulit kelurusan dan kemurnian dari suatu perenungan. Janji amalan harus dipegang teguh seperti melindungi nyawa sendiri.
  2. Menjaga kebersihan dan kesucian panca indra beserta pintu-pintunya.
  3. Hidup dengan benar, dalam arti kata mentaati segala peraturan yang ada.
  4. Hidup sederhana, menggunakan segala sesuatu seperlunya saja, atau sesuai dengan kebutuhan, zuhud.
Dengan menjaga keempat hal di atas, diharapkan seseorang akan bebas dari permasalahan duniawi yang tidak perlu. Sang perenung akan menjadi perenung yang netral, tidak condong ke kiri atau ke kanan, menerima dan menganalisa apa adanya, tidak terikat dan juga tidak menolak sesuatu, murni. Dengan menjaga diri dari permasalahan yang tidak perlu, maka hidup menjadi lebih terang, pandangan dan pikiran menjadi lebih terang, badanpun menjadi ringan, batin penuh kepuasan, merasakan suatu kebebasan yang sangat berbeda dengan kebebasan karena suatu kepemilikan, yang sebenarnya justru merupakan suatu ikatan.
 
Perenungan yang dilakukanpun akan menjadi semakin dalam, semakin memberi manfaat pada kehidupan seseorang sekarang, maupun nanti.
 
 
Referensi: sebuah buku tipis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

[Ke Atas]